Jumat, 09 September 2016

Cikgu VTIC Foundation Cycle 5 (seleksi tahap 2)



Pada pengumuman seleksi tahap 1 ada 300 peserta yang lolos dan semua perseta yang lolos tersebut harus membuat video virtual micro teaching jika ingin lolos ke tahap berikutnya. Biarku jelaskan sedikit, jadi video virtual micro teaching adalah pembuatan video dimana di dalamnya memperlihatkan kita sedang mengajar anak- anak dengan menggunakan media pembelajaran.

            Aku harus mengajarkan pelajaran IPS pada saat itu karena berada di nomer urut 171, sebenarnya sedikit bingung sih tentang materi apa dan media pembelajaran apa yang harus digunakan untuk video virtual ini karena tadinya aku ingin mengajar matematika. Untung saja salah satu temanku menyarankan ide yang bagus yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yaitu dengan Atlas kemudian dihitung jarak dari satu daerah kedaerah lainnya, jadi ada perpaduan pelajaran IPS dan matematika.



            Pada saat itu aku sampai merekam ulang dua kali agar hasilnya maksimal. Pertama gambar sudah terlihat bagus, suara sudah jelas, namun tulisan di papan tulis tidak terlihat karena spidolnya. Lalu aku merekam ulang, namun karena rekaman kedua ini menurutku kurang natural jadi aku putuskan untuk mengirim kedua video yang aku buat ini.

            Ohiya, untuk pengiriman video bisa di dalam bentuk dvd kemudian diantarkan langsung ke asrama sunan giri di rawamangun ataupun diupload ke youtube dengan memberi judul tertentu. Untuk video ini aku putuskan untuk mengirimnya langsung kepada pihak panitia di asrama sunan giri. Waktu itu kukirimkan semua videonya, satu video berdurasi 10 menit tanpa editan dan memasukannya ke dalam sebuah dvd.

            Hingga akirnya tanggal 13 maret 2016 pun tiba,penasaran sekali apakah aku lolos tahap ke dua ini atau tidak. Aku selalu mengecek situsnya dan hingga akhirnya tradaaaaaaa...

         
              Aku lolos seleksi tahap 2, dan Alhamdulillah aku mejadi 1 dari 150 orang terpilih yang bisa melangkah ke tahap 3 dan itu merupakan tahap yang terakhir. Subhanallah akhirnya aku sampai di tahap terakhir dan ternyata ada 6 orang yang lolos dari kampusku. Aku berfikir, pastilah orang- orang yang lolos dari kampusku ini adalah orang-orang terpilih dan lebih berprestasi jika dibandingkan denganku, karena itu aku sempat tidak percaya diri. Namun inilah langkah terakhirku, semakin dekat aku dengan anak- anak di Malaysia sana dan aku harus berusaha sebaik mungkin untuk tahap terakhir ini.
            Hingga akhirnya tiba hari dimana aku diinterview, untuk penyelesaian tahap terakhir, dan ternyata dugaanku benar, orang yang lolos di tahap 3 ini sangatlah..... (pengalaman seleksi tahap terakhir VTIC Cycle 5 klik disini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar