Senin, 18 Juli 2016

Cikgu VTIC Foundation Cycle 5 (seleksi tahap 1)



Cerita awalku mengetahui tentang seleksi VTIC yaitu dari grup yang aku ikuti di whatsap, saat itu aku mengikuti suatu khursus bahasa gratis di kampusku dan aku pun tergabung dalam grupnya. 

 
Setelah mendapat info tentang penseleksian ini aku langsung mencari- cari informasi yang lainnya tentang VTIC di internet. Aku mencari tau semua tentang VTIC dengan mengunjungi web dan membaca blog para cikgu cycle sebelumnya, aku juga menghubungi cp yang ada di poster VTIC itu, bertanya- tanya mengenai penseleksiannya, tentang bagaimana tips- tips agar aku bisa lolos, dan menanyakan semua tentang VTIC, untung saja kakak yang aku beri pertanyaan menjawab dengan sabar hehe. 
Aku mendapatkan info di grup ini sekitar pertengahan Januari, sedangkan seleksi tahap 1 batas akhirnya adalah tanggal 10 Febuari 2016. Pada seleksi tahap 1 ini menurutku adalah seleksi berkas, jadi para pendaftar harus mengisi form cv yang sudah disediakan dari pihak VTIC, mengumpulkan esay karya sendiri yang belum pernah di publikasikan, mengumpulkan foto dengan almamater kampus, dan yang terakhir menjawab beberapa pertanyaan yang telah di sediakan oleh pihak panitia di website vticnya.
            Pada awalnya aku sempat tidak percaya diri setelah mendownload form cv yang disediakan pihak panitia, karena disana tertera kolom prestasi akademik/non akademik dan karya ilmiah yang pernah dipublikasikan. Untuk prestasi aku hanya mengisinya dua saja karena memang hanya dua saja yang pernah aku raih yaitu meraih beasiswa JAMSOSTEK dan Juara 3 menulis artikel yang diadakan oleh IYFREE (klik disini), sedangkan untuk karya ilmiahnya tidak aku isi karena memang belum ada, karena itulah aku agak minder dan tidak percaya diri, aku tidak yakin lolos karena menurutku dari 733 mahasiswa yang mendaftar pastilah banyak yang lebih berprestasi.
            Ditambah lagi esay yang aku buat belumlah maksimal, karena aku membuatnya di akhir- akhir batas pengumpulan berkas yaitu h-1 sebelum pengumpulan berkas seleksi tahap pertama. Entah mengapa pada saat itu aku sulit sekali merangkai kata- kata untuk esay, padahal biasanya mudah saja. Saat itu aku memilih tema “urgensi relawan dalam meningkatkan kualitas pendidikan” dari 3 tema yang disediakan oleh pihak panitia. (Klik disini)

Karena kurang maksimalnya dalam mengisi cv dan membuat esay, aku memaksimalkan pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan pihak panitia. Aku menjawabnya dengan sungguh- sungguh sampai melebihi batas yang disediakan yaitu 150 kata. Saat mengisi pertanyaan ini aku baca ulang dan aku review lagi apakah kata- katanya ada yang salah atau jawabanku kurang meyakinkan. Aku benar- benar mekasimalkan kekuranganku dalam mengisi cv dan membuat esay dengan menjawab pertanyaan ini.
 
Kemudian tepat 15 menit sebelum batas akhir pengumpulan berkas kira- kira pukul 23.44 aku mengirim persyaratan untuk seleksi tahap 1 VTIC ini. Dengan harap- harap cemas karena waktu yang mepet dan dengan bacaan bismillahirahmanirahim aku mengirimnya.
                Dan waktu yang ditunggu pun tiba pengumuman seleksi tahap 1 tepatnya pada tanggal 21 Febuari 2016. Aku terus berusaha membuka websitenya dari pagi namun belum juga ada deretan nama yang muncul, hingga akhirnya jam 8 malam nama- nama mahasiswa yang lolos seleksi tahap 1 pun muncul. Ada sekitar 300 nama yang lolos dan aku mendapat nomer urut ke 171. Senang luar biasa yang aku rasakan, namun ini baru tahap 1 dan mahasiswa yang lolos ada 300 orang, Apakah aku akan lolos lagi ditahap selanjutnya? (pengalaman seleski tahap 2 VTIC Cycle 5 klik disini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar